Kamis, 11 Februari 2021

Lewat Karya Foto, Unimaxx Photo Community & Koko Cici Jatim 2020 Populerkan Wisata Religi Kelenteng Boen Bio



Keberadaan Kelenteng Boen Bio menarik perhatian Koko Cici Jatim 2020 sebagai Duta Budaya Tionghoa, Duta Budaya Tionghoa, Duta Pariwisata dan Duta Sosial.  Bersama Unimaxx Photo Community, Koko Cici melakukan sesi pemotretan di Kelenteng Boen Bio pada Minggu (7/2).

Pemotretan dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2572, jelas Ketua Unimaxx Photo Community Denny D'Colo蔡平和 sekaligus mempopulerkan wisata religi Kelenteng Boen Bio di daerah Surabaya Utara. 

Denny D'Colo menyampaikan keberadaan Kelenteng Boen Bio wajib dilestarikan sebagai warisan cagar budaya.




Boen Bio adalah tempat ibadah Agama Khonghucu yang awal mula didirikan pada tahun 1883 dengan nama Boen Tjhiang Soe. Boen Bio memiliki arsitektur dan interior khas Tiongkok yang sarat makna kebajikan. Kelenteng yang terletak di kawasan Pecinan menjadi salah satu destinasi wisata heritage Surabaya hingga kini. 

Cici Jennifer Goldie 吴卉萍 mengatakan sangat senang bisa berkunjung ke wisata religi Kelenteng Boen Bio sebagai tempat ibadah agama Khonghucu yang tertua di Surabaya bahkan Asia Tenggara. 

"Kami senang bisa berkunjung ke Kelenteng Boen Bio yang bersejarah. Serta melakukan photoshoot menyambut Imlek," ujar Cici Goldie yang saat ini tengah menyelesaikan pendidikan S2 Manajemen Peminatan Corporate Entrepreneurship Univ. Ciputra.



Demikian pula dengan Cici Helena Aprilia 王蓮娜 mengaku kagum melihat bangunan Kelenteng Boen Bio yang orisinil dan pengurusnya merawat dengan baik. Semua bentuk ornamen sangat indah khas dari Budaya Tionghoa yang jarang ditemui di Surabaya, tapi masih bisa disaksikan di Kelenteng Boen Bio. 

"Senang sekali berkesempatan mengunjungi tempat ini, walau dalam masa pandemi masih dibuka untuk umum," tutur Cici Helena lulusan National Taiwan University of Arts, Fakultas Performing Arts, jurusan Dance.

Cici Helena seorang ballerina dan kini mendirikan Ballet Posture yakni kelas pembentukan tubuh untuk anak anak dan dewasa. Ia pun memaknai Imlek sebagai momen bagi masyarakat Tionghoa untuk mensyukuri atas apa yang telah terjadi selama 1 tahun yang lalu. 

"Memulai tahun baru dengan semangat dan harapan yang baru pula," tambahnya.



Sementara itu Koko Jatim 2020 Ansell Benedy 湖吃管 juga mengetahui kawasan bersejarah Surabaya Timur, khususnya Pecinan dan keberadaan Kelenteng Boen Bio. 

Koko Ansell pun mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan mendoakan semua selalu bahagia dan sehat walau di masa pandemi. "Chūnjié kuàilè, gōngxǐ fācái, wànshì rúyì," ucapnya

Tahun Baru Imlek 2021 sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Bila dulunya bisa  bertemu keluarga besar dengan jamuan makan. Kini sesuai anjuran pemerintah hanya merayakan sederhana di rumah, bahkan dilakukan secara virtual dan pemberian angpao melalui digital. Hal itu guna mencegah pesebaran Covid-19 yang semakin meningkat. 

0 komentar:

Posting Komentar