Kamis, 18 Maret 2021

Maison Weiner Cakeshop Pertahankan Keaslian Kue Klasik Belanda Hingga Kini



Kawasan Senen sebagai salah satu ruas bersejarah di Jakarta dan memiliki banyak wisata kuliner legendaris. Salah satunya Maison Weiner Cakeshop yang merupakan "bengkel koewe" tertua di Jakarta, didirikan Nyonya Gem (Lee Liang Mey) sejak 1936.

"Sore tadi saya sempatkan mampir ke toko yang hanya sekilo dari Balaikota di Jalan Kramat II No.2, Kwitang. Kami disambut Ibu Siane Gunawan, menantu dari generasi ke-3 pemilik Maison Weiner, yang selama 30 tahun ini telah sehari-hari mengelola toko kue ini. Toko ini menyimpan banyak cerita dari masa penjajahan, khususnya pada masa penjajahan Jepang," ujar Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan

Semua kue dan roti yang dibuat hingga hari ini masih menggunakan resep yang sama bahkan masih memakai oven yang sama sejak awal toko berdiri.

Bukan cuma dapat rasanya, tapi juga dapat sejarahnya. Tadi mencicipi rozijnenbrood (roti kismis) dan akhirnya membungkus berbagai jenis roti lainnya untuk dibawa pulang, karena terlalu banyak pilihan.



Maison Weiner merupakan toko kue dan roti tertua yang ada di Jakarta. Nyaris tak banyak berubah hingga kini, mempertahankan gaya bangunan kolonial.

Ada banyak jenis roti dan kue yang ditawarkan seperti roti tawar, roti manis, croissant hingga sourdough ala Eropa, roti cokelat almond, roti bloeder keju, kue soes, ontbitjkoek, kue sus, marmer cake dan sebagainya. Harganya pun masih standar kisaran 10k keatas.

Foto: IG Anis Baswedan


0 komentar:

Posting Komentar