Jumat, 16 Juli 2021

Agar Buah Disimpan Tetap Tahan Lama dan Tidak Membusuk


Konsumsi buah setiap hari dianjurkan karena sebagai sumber zat gizi. Namun tetap memperhatikan waktu terbaik makan buah agar tubuh bisa mencernanya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan mengonsumsi buah dan sayur per hari 400 gram.

Buah mudah sekali membusuk bila tidak disimpan dengan benar. Berikut beberapa tips cara menyimpan buah agar tetap segar dan tahan lama, yakni;

•Simpan buah secara terpisah. Beberapa buah memiliki gas ethylene yang mampu mempercepat kematangan pada buah, maka dari itu penyimpanannya harus terpisah.

•Tidak perlu mencuci buah jika belum ingin dikonsumsi. Buah yang sudah dicuci akan mudah terkena bakteri, lembab dan akan membuatnya lebih cepat matang.

•Simpan buah sitrus dalam plastik dan kedap udara. Buah sitrus seperti jeruk nipis, tangerine, lemon dan jeruk manis, akan memiliki masa tahan yang lama jika disimpan dalam plastik kedap udara.

•Simpan buah pada suhu ruangan. Ada beberapa buah yang lebih baik disimpan pada suhu ruangan sebelum matang. Buah tersebut diantaranya, pir, persik, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang. 

0 komentar:

Posting Komentar