Senin, 11 Oktober 2021

Ada Apa di Desa Wisata Sangiran



Desa Wisata Sangiran, salah satu Desa Wisata yang masuk sebagai 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Desa Wisata Sangiran atau tepatnya Desa Krikilan merupakan sebuah desa di ujung selatan Kabupaten Sragen, tepatnya di Kecamatan Kalijambe yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar.

Desa Krikilan masuk dalam Daerah Cagar Budaya Sangiran dan ditetapkan UNESCO pada tahun 1996 sebagai Warisan Budaya Dunia (World Culture Heritage).

Desa Wisata Sangiran memiliki potensi wisata alam dan budaya terdapat Pasar Budaya Sangir, Kesenian Gejog Lesung, Taman Punden Tingkir, dan Wisata Air Asin Pablengan. 

Juga menawarkan hasil karya kerajinan masyarakatnya, seperti Kerajinan Watu Lurik, Kerajinan Gelas Bambu, Kapak Batu, dan Iket Wiro Sangir Kasiaji.

Ada kuliner khasnya seperti Olahan Bukur, Gendar Pecel, Bungko, Tiwul, Balung Kethek merupakan makanan khas desa yang dilestarikan secara turun-temurun sebagai makanan rumahan atau jajanan pasar. 

Museum Manusia Purba Sangiran terletak di Dusun Ngampon, Desa Krikilan. Museum ini menjadi objek wisata sekaligus lokasi penelitian terpenting dan terlengkap di Asia mengenai kehidupan
prasejarah. 

Di tempat ini, pengunjung dapat belajar tentang pola kehidupaan manusia purba di Jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoantropologi.

0 komentar:

Posting Komentar