Senin, 11 Oktober 2021

Pesepeda Bisa Merapat ke Jazz Kopi Akhir Pekan di Lereng Ijen



Tak dipungkiri Kabupaten Banyuwangi memiliki beragam potensi pariwisata. Spot-spot menarik bermunculan yang memadukan hobi dan pariwisata. 

Penghobi sepeda bisa merapat ke lereng Gunung Ijen menikmati "Jazz Kopi" yang berada di tengah kebun kopi wisata Pondok Indah Banyuwangi.

Dinamakan Jazz Kopi, karena selain berada di antara kebun kopi, juga digelar musik jazz dengan suguhan utama kopi khas Banyuwangi. 

Atraksi musik jazz digelar di tengah hamparan kebun kopi spot wisata Pondok Indah. Letaknya hanya 15 menit dari pusat kota. Memasuki kawasan Pondok Indah, mata akan dimanjakan dengan sejuknya perkebunan kopi. Pengelolanya menyediakan hiburan musik Jazz Kopi.

Seperti yang terlihat Sabtu pagi, (9/10/2021), para penghobi sepeda yang sedang sarapan di sana, usai gowes berkeliling kota menikmati Jazz Kopi.

Suasana di Lereng Ijen


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang tampak hadir di antara para “goweser” mengatakan dengan paket-paket privat yang terbatas ini, bisa menjadi alternatif berlibur secara aman. Ekonomi bisa mulai bergeliat, namun tetap harus protokol kesehatan ketat.

Banyuwangi masuk PPKM Level 2 di mana destinasi sudah bisa dibuka secara bertahap dan terbatas. “Kami juga terus memacu vaksinasi demi melindungi semuanya,” ujarnya.

Ipuk mendorong penyedia jasa amenitas seperti hotel, restoran, dan homestay untuk menghadirkan atraksi seni dan budaya yang menarik bagi pengunjung. 

"Kami berharap, wisatawan yang ke sini masih bisa menikmati atraksi seni namun tetap terjaga protokol kesehatannya," kata Ipuk. 

Dede Abdul Ghany, pehobi sepeda yang juga pengusaha muda menyampaikan,
"bersepeda sambil menikmati sejuknya perkebunan kopi, menikmati musik jazz dengan latar belakang persawahan sambil menyeruput kopi, sungguh perpaduan yang sempurna."

Dede bersama rekan-rekannya sengaja memilih track ke lereng Gunung Ijen, karena memiliki panorama yang indah. "Banyuwangi memiliki banyak spot-spot yang menarik bagi pesepeda. Salah satunya track menuju Kawah Ijen ini," jelas Dede yang juga kedatangan tamu para pengusaha muda dari luar daerah seperti Surabaya dan Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menyebutkan, ada banyak destinasi di bumi Blambangan yang dapat dijadikan jujukan bagi para pehobi sepeda. Mulai dari pantai, persawahan, sampai perkebunan bisa menjadi rute sepeda.

Selain Pondok Indah, ada juga beberapa tempat yang siap untuk menjadikan destinasi. Di antaranya Dusun Rembang, Desa Banjar, Kecamatan Licin yang menyuguhkan lansekap persawahan, kawasan perkebunan Kalibendo yang dinaungi rindang pepohonan sampai gemericik air terjun.

"Para pengunjung juga bisa request berbagai hiburan dan kuliner. Tak hanya jazz, juga bisa kesenian tradisional dan aneka rupa kuliner," imbuh Bramuda. 

0 komentar:

Posting Komentar