Kamis, 14 Oktober 2021

Jajanan Khas Kawasan Wisata Religi Ampel di Pagi Hari



Bila berkunjung ke kawasan wisata religi Ampel pada pagi hari akan menemui banyak penjual jajanan khas. Ada roti canai atau roti maryam, ada samosa, dan sebagainya. 

Roti Maryam biasanya disajikan dengan Gulai kacang hijau kuah daging sapi atau kambing. Untuk seporsinya rata rata 10k dan roti Maryam 2k. Roti Maryam ada yang disajikan dengan olesan coklat, gula, keju dan sebagainya. 

Sedangkan samosa mirip kue pastel hanya saja terasa bumbu rempah khas masakan Timur Tengah. Seringkali, samosa diisi dengan daging cincang. Harganya untuk samosa isi sayuran hanya seribuan. Berbeda dengan isi daging, tentu lebih mahal.




Kawasan Ampel yang biasa menjual jajanan berada di sepanjang Jl. KH Mas Mansyur dan Nyamplungan. Biasanya pula pas bulan Ramadhan, menjelang buka puasa, berderet pedagang menjual jajanan khas Ampel.

Pembelinya tak hanya dari kampung Ampel saja, tapi dari mana mana. Memang kawasan Ampel tak pernah mati, hampir 24 jam bergeliat denyut nadi ekonomi di sana. Ampel tak jauh dari Pecinan dan Pasar Ikan Pabean.

Namun pas diberlakukan PPKM, kawasan ini sempat sepi. Biasanya banyak bus wisata yang datang silih berganti tiada henti. Wisatawan dari berbagai daerah bertandang untuk ziarah ke Makam Waliyullah Sunan Ampel.

Kedatangan wisatawan membuat ekonomi warga kampung Ampel bergeliat. Mulai penjual busana, pernak pernik, minyak wangi dan kuliner. Ayo ke kampung Ampel Surabaya.

0 komentar:

Posting Komentar