Minggu, 13 Maret 2022

Angie Penari Tari Topeng Seribu Wajah yang Tidak Sembarang Orang Bisa Menarikan



Angie Laurentsia S membawakan Tari Topeng Seribu Wajah atau Bian Lian 变脸. Ia mampu mengganti topeng wajah dalam hitungan detik. 

Penampilan tari seribu wajah ini selalu ditunggu penonton, karena unik, langka dan memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan tarian nasional Tiongkok sebagai warisan budaya inipun tidak bisa ditarikan sembarang orang. 

Hanya mereka yang memiliki garis keturunan boleh menarikan. Atau yang tidak memiliki garis keturunan wajib memiliki lisensi, baru bisa membawakan tarian ini.

Angie mengaku dirinya memang keturunan Mongolia dari sang Mama. "Pas belajar tari ini sangat mudah dan serasa menyatu, karena memang ada darah keturunan," aku Angie yang belajar Tari Bian Lian hanya dalam hitungan 15 menit saja.

Angie pun mendapat warisan kostum tari Topeng Seribu Wajah dari sang kakek. "Kostum yang saya pakai ini beratnya 5kg dan untuk laki laki," ujar jebolan Universitas Terbuka Unair Jurusan Ekonomi Pembangunan tahun 2021.

Hobi berkesenian Angie memang turunan dari keluarga. "Mama penyanyi dan saya selain hobi bermain musik terutama piano dan gitar, juga menyanyi," jelas Angie yang pernah menjadi finalis Koko Cici Jatim 2020 dan saat ini ia menjabat sebagai wakil Ikatan Koko Cici Jatim.





Angie pun sering tampil di berbagai acara, termasuk saat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia menggelar acara khusus.

"Saya hanya mengganti wajah 12 saja padahal bisa lebih. Tiap topeng ada karakternya seperti laki-laki, perempuan, monyet, dewa macan. Kebetulan tahun ini tahun macan, saya juga memakai topeng macan," imbuh Angie yang ditemui berita7.online saat menjadi model acara motret bareng dan lomba foto yang digelar Unimaxx Photo Community di halaman Masjid Cheng Hoo Surabaya, 11 Maret 2022.

Hellena seorang Balerina turut menjadi model dalam acara tersebut. "Tari topeng Seribu Wajah yang dibawakan Angie mungkin satu satunya penari di Surabaya," ungkap Hellena finalis Koci Jatim 2020 dan saat ini menjabat sebagi Ketua Koci Jatim.

Angie


Tentang Bian Lian 变脸
Bian Lian 变脸 berarti mengubah wajah, merupakan seni opera drama Tiongkok kuno yang berasal dari Chengdu, Propinsi Sichuan. Tari Bian Lian bagian dari rangkaian pertunjukan seni Opera Sichuan yang terkenal.

Penari mengenakan kostum berwarna cerah dengan topeng beraneka corak warna menari diiringan musik dramatis.

Bian Lian sudah dikenal sejak 300 tahun, di masa Dinasti Qing (1736-1795) pemerintahan Kaisar Qianlong. Seni pertunjukan yang erat dengan tradisi suatu keluarga ini memang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjaga rahasia.

Secara tradisional, hanya anak laki-laki yang diizinkan mempelajari teknik Bian Lian, karena anak perempuan nantinya menikah dan keluar, sehingga dikhawatirkan akan membuka rahasia. 

Pertengahan tahun 2000-an, Bian Lian mulai dipertunjukkan di hadapan publik, sesekali lewat media massa internasional, dan pada acara pertemuan bernuansa Tiongkok, dilansir dari Tionghoa.Info

0 komentar:

Posting Komentar