Selasa, 08 Maret 2022

Rekomendasi Kuliner Sehat Khas Solo



Kota Solo mempunyai deretan wisata kuliner sehat yang menarik untuk dicoba, di antaranya; selat solo, pecel, susu segar, soto bumbu rempah, wedhang uwuh, dan masih banyak lainnya.

Selat Solo
Sajian sayuran dipadukan dengan manis gurihnya kuah, memanjakan penikmatnya. Betapa tidak, dalam satu porsi disajikan makanan sehat yang  menggoda dan tidak membosankan. 

Makanan ini kaya gizi lengkap seperti vitamin dari wortel dan buncis, karbohidrat berasal dari kentangnya, dan protein dari telur serta daging cacah. 

Warung Selat Solo yang kondang di kota ini, adalah Warung Selat Mbak Lies, di Jalan Yudhistira, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, serta Selat Viens di Jalan Hasanudin, Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari.

Pecel
Makanan yang satu ini identik dengan berbagai jenis sayuran yang diguyur sambal kacang. Rasanya perpaduan antara gurih, manis, dan sedikit pedas. 

Warung pecel yang terkenal di Kota Solo adalah pecel Bu Kis di Jalan Gleges, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan. Ada juga Pecel Menangan, di Jalan Citarum, Nomor 32, Joyosuran, Pasar Kliwon.

Susu segar 
Salah satu pionir susu sapi murni di Kota Solo adalah susu segar Shi Jack. Berdiri sejak tahun 1987, kini susu segar Shi Jack telah memiliki puluhan cabang. 

Meskipun, menu utamanya adalah susu, namun penikmat bisa menambahkan sirup, jahe, maupun telur. Terdapat pula beraneka macam sate-satean, gorengan, dan nasi bungkus yang dapat disantap bersama susu segar.

Soto Bumbu Rempah
Menu yang satu ini sangat banyak ditemukan di Kota Solo. Selain rasanya yang lezat, kandungan rempah didalamnya membuat tubuh menjadi sehat pula. 

Biasanya terdiri dari kapulaga, jinten, pekak, cengkeh, kayu manis, dan lain-lain. Anda tetap dapat makan enak tanpa perlu kolesterol naik.

Wedhang uwuh
Minuman dari beragam rempah-rempah, yaitu cengkeh, kayu manis, pala, kayu secang, serai, kapulaga, dan jahe. Setelah bahan dikeringkan, wedhang uwuh ini disajikan dengan direbus terlebih dahulu. Untuk menambahkan rasa manis biasanya diberi gula batu. Minuman ini sangat menyehatkan, dan banyak diburu masyarakat di masa pandemi Covid-19. Sumber : surakarta.go.id

0 komentar:

Posting Komentar