Minggu, 04 September 2022

Wayang Potehi Jombang Meriahkan Festival Tong Tong Belanda



Kelompok wayang Potehi Fu He An yang bermarkas di Museum Potehi, Gudo, Jombang, akhirnya berangkat ke Belanda untuk pentas di acara Tong-Tong Fair & Festival Den Haag, pada tanggal 1 hingga 12 September 2022.

Sebelumnya, kelompok wayang Potehi ini  dua kali gagal memenuhi undangan pentas di Belanda, karena kondisi kekurangan dana, 4 tahun lalu.

Toni Harsono pendiri Museum Potehi Gudo  telah terkumpul sejumlah dana untuk pembelian tiket, kebutuhan penginapan, dan kebutuhan pokok selama di sana. 

Toni menginformasikan pihak panitia hanya memberi 2 ribu euro untuk biaya makan selama 2 Minggu di Belanda.

Toni bersama 7 kru berangkat ke Belanda membawa peralatan pentas yakni 70 boneka wayang potehi dan kenang-kenangan.

"Kami menginap di sebuah museum legend, dan sebagian peralatan ini kami tinggal di museum itu. Buat kenang-kenangan dari Indonesia,” katanya.

Ada 5 sampai 6 cerita yang dipersiapkan untuk pentas, di antaranya; kisah Raja Lie Sie, Pendekar Lo Seng, Sun Go Kong dan lain sebagainya.

Toni berharap bisa menjadi motivasi bagi semua orang dari penampilan kesenian wayang Potehi. "Semoga acaranya berlangsung lancar dan kami selamat sampai tujuan,” harapnya saat selamatan sebelum keberangkatan.

Festival Tong Tong dikenal sebagai Pasar Malam Besar. Merupakan festival terbesar di dunia untuk budaya Indonesia (Eropa-Indonesia) yang diadakan setiap tahun di Belanda. 

Festival menempati luas area 22.000 meter persegi yang sebagian besar masyarakatnya Indonesia, relawan diterjunkan guna memudahkan pengunjung baik dari Belanda dan luar negeri. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar