Senin, 17 Oktober 2022

IKASDASA Bagikan Ratusan Sego Rongewu untuk Warga Pra Sejahtera Tembok Dukuh


Ikatan Alumni SMPN 10 (IKASDASA) bersama Baksos'e Suroboyo kembali membagikan ratusan Sego Rongewu untuk warga pra sejahtera RT 03, RW 08, Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya pada Minggu pagi, 16 Oktober 2022.

Tak hanya membagikan Sego Rongewu saja, tapi warga juga mengikuti pelayanan kesehatan gratis dari Klinik Usada Buana.

Baksos dimulai pukul 6 pagi di Jl. Tembok Dukuh, Gg. Makam, dan acara diawali dengan senam bersama. 

Setelah itu dibagikan 'Sego Rongewu' yakni Nasi Kotak yang harus ditebus dengan membayar senilai Rp2 ribu atau Rongewu. Warga pun antri dengan menukarkan kupon yang telah dibagikan panitia. Setiap orang mendapat jatah 2 nasi kotak dengan menu sehat.





Uang senilai Rp2 ribu yang mereka bayar untuk modal untuk menggelar Baksos Sego Rongewu bulan berikutnya dan di tempat lain.

Panitia IKASDASA memang tidak menggratiskan, karena ingin mengajak masyarakat kurang mampu untuk bersedekah. Sebab bersedekah tidak perlu menunggu  kaya lebih dahulu, meski kurang mampu tetap bisa bersedekah, terang Drs Bambang Udi Ukoro, SH, MSi, Ketua Ikasdasa.

Lebih lanjut, Bambang menginformasikan bahwa baksos diselenggarakan oleh IKASDASA, Baksos'e Suroboyo dan Tim Kesehatan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

"Di tengah Kota Surabaya yang ramai, masih banyak warga yang membutuhkan, khususnya warga dhuafa di RW 08 dekat makam Tembok Dukuh," ujarnya.

"Kita ajak warga bersedekah. Kegiatan diawali dengan senam pagi dan door prize, kita yang menyediakan. Kami juga memberikan Al Qur'an untuk dibagikan di TPQ yang ada di wilayah RW 08. Sego Rongewu yang dibagikan sebanyak 500 kotak. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga di sini," harap Bambang.

Masih ujar Bambang, bahwa kegiatan Sego Rongewu dilaksanakan sebulan sekali. Dimulai sejak 27 Nopember 2016, Sego Rongewu hadir di tengah masyarakat Surabaya, sampai sekarang sudah 3 kali putaran dan sempat terhenti karena pandemi. 

"Tak hanya membagikan nasi kotak tapi juga memberikan pelayanan kesehatan," imbuh Bambang.

Ninik Wijayati Tim Medis Klinik Usada Buana mengatakan pihaknya turut berpartisipasi dalam Baksos Sego Rongewu untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat terutama cek kolesterol, gula, dan asam urat untuk usia di atas 50 tahun. 

"Semuanya gratis, setiap orang dijatah satu pemeriksaan, bisa memilih periksa gula, asam urat atau kolesterol. Kalau nilainya tinggi kita arahkan ke puskesmas atau Klinik Usada Buana," jelasnya.

Fajar Ketua RW 08 Kel. Tembok Dukuh, Kec. Bubutan mengaku bersyukur dengan kegiatan pembagian Sego Rongewu, pelayanan kesehatan dan senam pagi. 

Fajar pun menginformasikan bahwa gang makam terlebar di wilayahnya dan bisa untuk menggelar kegiatan. Ia berharap IKASDASA melaksanakan baksos berkelanjutan di tempatnya.

Nur Wachid Ketua RT 03 Kel. Tembok Dukuh, Kec. Bubutan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan baksos di wilayahnya. Ia mengaku sangat senang karena warganya antusias mengikuti rangkaian acara.

Sri Ningsih (76 thn) salah satu warga yang menerima pelayanan kesehatan mengaku sangat puas. Sri mengaku sering melakukan kontrol di RS terkait penyakit yang dideritanya. Ia berharap mendapat bantuan kursi roda. 

0 komentar:

Posting Komentar