Rabu, 11 Maret 2020

Habiskan Waktu di Taman Kebon Rojo Blitar yang Asri Dilengkapi Mini Kebun Binatang


Ada beberapa tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Salah satunya keberadaan taman yang cukup luas dan nyaman bisa menjadi jujugan wisata yakni Taman Kebon Rojo, tepatnya di Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133.

Kebon Rojo merupakan taman di Kota Blitar yang semasa pemerintahan kolonial Belanda sebagai ruang terbuka. Taman Kebon Rojo difungsikan sebagai tempat rekreasi bagi warga Belanda yang bermukim di Blitar, selain sebagai ruang hijau kota. 

Pemerintah kolonial Belanda banyak membuat fasilitas taman di berbagai kota mondernnya. Dari bukti foto lama Gemeente Blitar diketahui ada dua taman kota saat itu. Satu terletak di dekat Stasiun Kota Blitar dan yang satunya Taman Kebon Rojo. 

Namun sayang taman kota yang terletak di dekat stasiun sudah tidak dapat dijumpai lagi juga tidak banyak data sejarahnya. Namun dari tata letak bangunan bernuansa arsitektur kolonial modern yang berada di sekitarnya, tampak bahwa taman kota sengaja dibuat sebagai fasilitas umum penunjang permukiman masyarakat Belanda kala itu. Sumber: Kemendikbud.go.id

Berlama berada di Taman Kebon Rojo sangat menyenangkan karena Pemkot Blitar membangun fasilitas seperti taman satwa, outbond dan banyaknya pepohonan yang menjadi paru-paru kota. 

Menghabiskan waktu di sini tidak dipungut biaya, hanya saja jika berkunjung perhatikan waktu mulai pagi hingga jam 5 sore saja. Malam hari tutup.

Selain banyak mainan yang disewakan untuk anak anak juga ada jajanan yang bisa dibeli. Jangan kuatir berada di Blitar masih murmer makanannya. Di depan pintu masuk dan keluar taman ada kafe kopi buat nongkrong. 

Di sebelah Taman Kebon Rojo terdapat rumah dinas Walikota Blitar dan Masjid. Jadi berada di sini tidak khawatir untuk menjalankan ibadah sholat. Hanya berjarak beberapa meter nampak Istana Gebang Bung Karno.

Menuju ke mari bisa naik transportasi online. Juga menginap di Blitar ada beberapa pilihan hotel dengan variasi harga. Hotel di dekat alun alun Blitar juga ada, atau di depan Stasiun Blitar. Demikian pula dengan kuliner juga bisa langsung njujug di restoran-restoran besar dengan harga terjangkau. Makan ala prasmanan di Rumah Makan Padang depan Stasiun Blitar cukup merogoh kocek tidak sampai 20K. Blitar kota kecil yang sejuk dan perlu disinggahi bagi para traveler.

Hotel Grand Mansion Blitar
kafe di depan pintu masuk Kebon Rojo



0 komentar:

Posting Komentar