Kamis, 30 Juli 2020

Bikin Pizza Rumahan Pakai Teflon Sederhana Anti Gagal


Berdasarkan sejarah, asal kata pizza belum diketahui hingga kini, tapi muncul pertamakali pada 997 dalam Bahasa Latin Pertengahan. Di Napoli pada abad ke-16 sebuah galette disebut sebagai pizza. Pada waktu itu, pizza adalah alat tukang roti, sebuah adonan yang dioven. 


Konon pizza dijual di jalanan sebagai kuliner warga miskin dan tidak dianggap resep dapur terkenal di masa itu. Sebelum abad 17, pizza masih dilumuri mayonase, seiring dengan berjalannya waktu ditambahkan keju mozzarella, tomat, ikan dan daging, (sumber Wikipidia).


Pizza menjadi salah satu resep rumahan yang mudah dibuat sendiri, jika tidak memiliki oven, cukup dengan wajan teflon. 

Adapun bahan yang digunakan:

10 Bakso atau bisa daging cincang dan sosis untuk toppingnya.
Saos
Keju
Tepung terigu
Kuning telur
Gula pasir
Susu cair
Mentega 
Garam
Tomat
Bawang putih
Bawang bombai

Cara membuat:

Topping:
Bakso dan jamur dipotong-potong ditambah irisan bawang bombai lalu ditumis, kemudian diberi garam dan penyedap rasa secukupnya.

Saos:
6 sachet saos sambal pedas, bawang bombai, 1 bawang putih, 3 tomat dipotong kecil-kecil lalu ditumis, lalu diberi garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan roti:
20 sdm tepung terigu
110 susu cair
1 kuning telur
2 sdm gula pasir
11/2 sdm mentega
1/2 sdt garam

Berlanjut ke pembuatan roti, semua bahan diaduk kecuali mentega. Kemudian diuleni hingga kalis. Barulah mentega dicampurkan, lalu diuleni kembali. Selanjutnya adonan dibentuk bulatan kecil dan biarkan selama sejam di wadah dengan ditutup plastik atau kain, agar adonan mengembang.

Adonan dibentuk lembaran menyesuaikan wajan teflon, kemudian olesi saos, toping daging dan terakhir taburan keju. Selanjutnya masak dengan api kecil. Teflon ditutup agar pizza matang merata. Selanjutnya sajikan.


Perkiraan biaya:

10 Bakso 6k
Saos 3 sachet 1k
Keju 12k
Tepung terigu 4k
Kuning telur 1,5k
Gula pasir 3k
Susu cair 1 sachet 3.5k
Mentega 4k
Garam
Tomat 3 buah 1k
Bawang putih 
Bawang bombai 1 buah 2k

(Harga bisa berbeda di wilayah lain)

0 komentar:

Posting Komentar