Selasa, 14 Juli 2020

Fungsi Tongsis dan Gimbal Stabilizer Saat Berswafoto atau Ngevlog

Tongsis, Monopod, Tripod & Gimbal Stabilizer. 

Tongsis kependekan dari tongkat narsis yang digunakan pada handphone untuk mempermudah mengambil foto diri atau swafoto. Tak perlu repot meminta bantuan orang lain, cukup dengan tambahan  tongsis untuk berselfie. Tongsis yang ditawarkan bervariasi, ada yang dilengkapi bluethoot dan kaki penyangga. Bahkan tombol bluethoot dapat dicopot layaknya remot control. 

Harga tongsis pun bervariasi mulai dari 10 ribuan hingga ratusan ribu. Seperti tongsis yang dilengkapi stabilizer. Untuk tongsis multi fungsi sperti one axis gimbal dibandrol 400 ribuan sudah dilengkapi stabilizer sehingga memudahkan pengguna mengambil gambar maupun membuat video, tanpa takut goyang atau kabur. Tongsis tersebut bisa dipanjang pendekkan sehingga mudah membuat variasi pengambilan gambar dan video.


Buat yang suka ngevlog untuk mendapatkan gambar terbaik dengan medan penuh tantangan atau sulit, perlulah menggunakan gimbal stabilizer. Harga stabilizer kamera ditawarkan mulai dari harga 500 ribuan ke atas dengan aneka merek. Gimbal stabilizer sangat membantu merekam video sehingga minim goyangan dan hasilnya sangat halus. Gimbal stabilizer bisa digunakan pada ponsel dan kamera. Gimbal stabilizer lebih baik dari monopod.

Ada banyak merek gimbal stabilizer untuk ponsel yang ditawarkan diantaranya; Zhiyun Smooth, Dji Osmo Mobile, Moza Mini Mi, dan sebagainya. Fungsi stabilizer pada dasarnya sama, namun setiap merek ada keunggulan tersendiri. Para Youtuber banyak yang mengulasnya, jika ingin lebih detail mengetahui keunggulan setiap gimbal stabilizer lihat di vlog mereka.

Baca Juga : Masak Cepat dan Mudah Pakai Panci Serbaguna

Yang tak kalah penting, penggunaan tripod yakni penyangga berkaki tiga berfungsi menopang ponsel dan kamera. Tripod ponsel lebih kecil, kurang lebih harganya 40 ribuan ke atas. Berbeda dengan tripod untuk kamera yang kaki penyangganya lebih besar dan kuat. Dan biasanya akan tertera berapa kg beban yang bisa disangga tripod. 

Penggunaan tripod untuk memperoleh kualitas gambar atau video yang dibuat lebih stabil dan fokus. Tripod sangat tepat dibawa saat traveling karena praktis dan ringkas dimasukkan dalam tas, serta tidak perlu bantuan orang untuk pengambilan gambar video maupun berselfi. Selain itu tidak takut ponsel jatuh, karena tripod kaki penyangganya dibuat seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar