Senin, 22 Februari 2021

Kopi Lintong Biji Kopi Khas Toba Mendunia



Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi dengan grade terbaik bercita rasa unik. Faktor geografis Indonesia dengan curah hujan cukup dan iklim tropis membuat tanaman kopi jenis Arabika tumbuh subur.

Salah satu penghasil kopi premium adalah Sumatera yang bibitnya telah dikembangkan sejak jaman kolonial. Sebut saja Kopi Madailing dan Kopi Aceh Gayo selain populer juga terlaris di dunia.

Kini Kopi Lintong biji kopi khas Toba menyusul Madailing dan Kopi Aceh Gayo mulai pupuler di mancanegara. Kopi Lintong merupakan kopi premium pilihan yang saat ini sudah menembus pasar Eropa dan Asia. Sehingga menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan khas Sumatra Utara.

Varietas kopi arabika ini rasanya menyesuaikan kondisi geografis tanah perpaduan abu vulkanik di atas 1.000 mdpl.
Kondisi tanah Toba yang subur, dengan varietas tanaman kopi unggulan seperti; Sigararutang, Lini S 795, USDA 762, Lasuna, dan Garunggang.

Kopi Lintong memiliki rasa kuat, edrthy, memiliki perpaduan cokelat-rempah, cukup kental, tetapi rasa asam seimbang. Salah satu varietas asal Indonesia terlaris di dunia selain Mandailing dan Aceh Gayo. Kopi Lintong dipatenkan dalam sertifikasi Indikasi Geografis ID G 000 000 063

Disebut Lintong, karena kopi ini berasal dari Kecamatan Lintong Nihuta, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Namun, masyarakat sekitar juga terbiasa menyebutnya dengan kopi Lasuna, Garunggang, dan Djember. 

Menparekraf Sandiaga Uno pun menikmati secangkir kopi Lintong yang dipadukan dengan kuliner khas Toba; ombus-ombus dan kacang Sihobuk.

Ombus-ombus jajanan khas Batak yang dibuat dari tepung beras dengan isi gula merah di dalamnya. Dibungkus dengan daun pisang dan lebih nikmat disantap saat hangat. Jajanan ini banyak dijual di kawasan Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara dan sejumlah wilayah lainnya. 

Sandiaga Uno mengatakan rasa ombus-ombus sangat maknyus apalagi dipadupadankan dengan rasa kopi Lintong yang sudah banyak diekspor dan dipakai merek dagang coffee shop kelas dunia.

0 komentar:

Posting Komentar