Kamis, 18 Februari 2021

Tradisi Imlek di Jakarta yang Unik



Imlek 2021 memang beda, karena pandemi Covid19 yang masih melanda negeri. Namun ada tradisi Imlek yang menarik di Jakarta. Seperti apa?

Berburu Souvenir di Glodok
Glodok adalah Pecinan di Jakarta Barat, yang dalam keseharian menjadi tempat belanja barang elektronik bagi warga Jakarta.

Saat Imlek tiba, kawasan ini selalu ramai, karena masyarakat Tionghoa datang untuk membeli hiasan. Mulai dari lampion merah, ornamen hingga pohon sakura tiruan untuk menghiasi rumah.

Tradisi Patekoan
Tradisi Patekoan turun-temurun yang diajarkan Kapiten Gan Djie seorang
Kapiten Cina atau Kapitein der Chinezen ketiga di Batavia. 

Tradisi Patekoan diadakan di kawasan Glodok. Wisatawan yang berkunjung akan mendapati jejeran teko berisi air teh berjumlah delapan yang terpasang rapi di tepi jalan. 

Siapapun boleh meminum teh yang tersedia. Tradisi ini dijalankan untuk mengenang nuansa kampung Cina di masa lampau dan menjaga interaksi dalam kehidupan bermasyarakat antar etnis.

Tradisi Makan Yu Sheng
Yu Sheng atau tradisi makan bersama dalam satu wadah yang tak boleh dilewatkan dalam menyambut Imlek. 

Menu ini biasanya diisi dengan
makanan seperti mie, ikan dan sayuran yang memiliki makna. Sebelum menyantap Yu Sheng, makanan itu harus diaduk bersama-sama dan diangkat setinggi mungkin sambil mengucap syukur atas rezeki yang didapat.

Berbagi Angpao
Tradisi yang tak dilewatkan saat Imlek adalah membagi angpao. Umumnya mereka yang sudah berkeluarga akan memberikan angpao kepada anak-anak atau orangtuanya. 

Warna merah pada amplop angpao dipilih sebagai simbol dari energi, kebahagiaan dan keberuntungan. Angpao menjadi
simbol memberikan keberuntungan dan berbagi kebaikan kepada orang lain.

Pertunjukan Barongsai
Salah satu tradisi yang selalu ditunggu saat Imlek adalah menonton pertunjukkan barongsai bersama keluarga. 

Barongsai atau Tari Liong adalah akulturasi China di Indonesia. Barong berasal dari kesenian boneka Bali yang dimainkan oleh manusia di dalamnya. Sementara 'Sai dalam bahasa Hokkian berarti singa. 

Pertunjukkan Barongsai dapat kamu nikmati di beberapa ruang terbuka di Jakarta dan pusat perbelanjaan. Sumber : @DKIJakarta

Tradisi Imlek yang menarik walau berbeda dari tahun biasanya, semoga semangat dan makna kebersamaannya tetap terasa hangat di hati.⁣

0 komentar:

Posting Komentar