Minggu, 06 Juni 2021

HoS Hadirkan Johan Kancut Seni Rangkai Huruf dengan Keindahan



Galeri Paviliun House of Sampoerna menyelenggarakan zoom meeting teknik menulis kaligrafi dengan tema 'Ukir Indah Pesanmu : Hand Lettering Seni Merangkai Huruf dengan Keindahan' selama satu jam (5/5). Menghadirkan Johan Kancut (Johan Arinda Mukti) jebolan Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta.

Founder Bekja Studio dan Pengajar Seni Rupa di salah satu sekolah swasta di Banyumas ini sebelum memulai menulis, menjelaskan tentang kaligrafi, lettering dan tipografi.

Kaligrafi
Kaligrafi merupakan seni menulis atau melukis karakter huruf menggunakan dp-pen dengan goresan tunggal (single stroke). 
1. Goresan yang tercipta dibuat dengan kekuatan tekanan yang beragam sehingga menghasilkan garis tipis tebal yang indah. 
2. Goresan menurun (downstroke) memiliki garis tebal. Goresan naik (Upstroke) tipis, halus dan melayang.

Ragam alat tulis yang digunakan :
1. Round brushes dan flexible nib dapat membuat goresan huruf dengan ketebalan yang berbeda ketika didorong, ditarik atau diangkat.
2 Flat brushes dan fix nib menghasilkan karakter huruf dengan ketebalan seragam dan goresan yang berubah-ubah ketika diubah arah goresannya.

Lettering
Lettering merupakan seni menggambar huruf dalam lebih dari satu goresan (multiple stokes) dengan pendekatan lebih ilustratif.

Ragam alat tulis yang digunakan:
1. Marker
2. Brush Pen
3. Gel Pen
4. Kapur dan lain-lain

Berbeda dengan kaligrafi yang memerlukan keahlian "menulis huruf", lettering lebih memerlukan keahlian "menggambar huruf" dan dekorasi. Lettering dapat dibuat dengan menggambar bebas.

Johan Kancut

Huruf lettering dibentuk dengan membuat sketsa, menjijplak, memperbesar dan memperhalus karakter huruf atau digambar secara spontan dan ekspresif dengan banyak goresan. 

Adapun huruf kaligrafi dibuat dari goresan tunggal yang keseragaman dan variasinya bergantung pada alat yang digunakan dan cara menggunakannya.

Tipografi
Tipografi merupakan teknik atau kegiatan menata huruf/font (preformed letter) yang telah dibuat oleh type designer menjadi desain karya visual yang indah. 

Kegiatan menata huruf meliputi memilih jenis dan ukuran huruf, panjang garis serta pemberian spasi. Subset dari tipografi adalah type design, yaitu kegiatan mendesain huruf/tont.

Pada saat ini penggunaan istilah tipografi telah meluas hingga mencakup semua kegiatan kaligrafi dan hand lettering modern.

Selanjutnya Johan mengambil selembar kertas dan mulai menulis dasar kaligrafi. "Hand lettering bisa diaplikasikan ke berbagai bahan tak hanya kertas, tapi juga kain, kayu dan sebagainya," ujar pria kelahiran Madiun, 8 Juni 1991.

Rupanya peserta yang mengikuti zoom meeting tidak hanya dari Jawa Timur tapi juga luar pulau. Para peserta juga banyak bertanya, karena saat zoom meeting, mereka langsung praktek menulis kaligrafi bersama. 

Memang terlihat sangat mudah saat Johan Kancut menulis huruf demi huruf hingga nampak karakter dan keindahannya. Johan pun mengaku belajar menulis kaligrafi cukup lama. Menulis kaligrafi tidak semudah yang dibayangkan, harus melalui banyak latihan dan mengenal cara dasarnya.

Pengalaman demi pengalaman pun terus digali Johan Kancut, dengan serangkaian kegiatan yang diikuti yakni selama tahun 2020 : Perform Indonesian Graffiti Days, Purwokerto. Juri Lomba Batik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Perform melukis Seniman Banyumas, Serambi Kang Hadi, Purwokerto.

Kemudian pada 2021, Perform Bawor Connection, Purwokerto. Perform Indonesian Graffiti Days, Purwokerto.

0 komentar:

Posting Komentar