Kamis, 28 Juli 2022

Koarmada II Bersama PT Matahari Sakti Peringati Hari Mangrove Sedunia dengan Tanam Mangrove


Penanaman mangrove serentak nasional dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia dipusatkan di Tanjung Pasir, Tangerang, Jawa Barat, dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, 26 Juli 2022.

Kegiatan tanam mangrove serentak dilakukan di 77 titik di berbagai wilayah di tanah air. Dalam hal ini, TNI AL berhasil memecahkan rekor  MURI dengan menanam 1.000.377 bibit mangrove. 

Tanam mangrove nasional sekaligus juga untuk menyambut HUT RI ke-77 dan menyambut forum kerja sama multilateral G20 Indonesia tahun 2022.

Di Surabaya juga digelar oleh Komando Armada (Koarmada) II bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Jawa Timur, dan perwakilan instansi, salah satunya PT Matahari Sakti.





Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama (Laksma) TNI Andi Abdul Aziz menyampaikan keberadaan hutan mangrove sangat penting, bermanfaat besar bagi lingkungan sekitar dan berpengaruh terhadap perekonomian warga di wilayah pesisir.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan tali asih untuk masyarakat pesisir, penyerahan bibit secara simbolis kepada peserta penanaman pohon.

Rudy Purwono (林琨耀) Direktur PT Matahari Sakti mendukung kegiatan penanaman mangrove, karena manfaatnya besar bagi lingkungan hidup, terutama menghindari abrasi air laut. 

"CSR PT Matahari Sakti aktif melakukan kegiatan penanaman mangrove dan sangat concern terhadap kelestarian hutan bakau. Dalam acara ini, kami dari PT Matahari Sakti memberikan 150 paket sembako," terang Rudy Purwono.

Satu paket sembako berupa; Beras 3 kg, Gula 1 kg, Minyak goreng, Kecap, 5 bungkus Mie instan, 1 kaleng susu kental manis dan Kopi. Sembako diberikan kepada masyarakat pesisir melalui Koarmada II. 

Puspita Dewi Prijadi selaku Presiden Direktur PT Matahari Sakti menyampaikan salah satu program CSR PT Matahari Sakti adalah peduli lingkungan hidup dengan menanam mangrove.

Seperti pada tahun 2017, PT Matahari Sakti sebagai produsen pakan ikan, udang dan pet food melaksanakan kegiatan penanaman 10.000 bibit mangrove di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. PT Matahari Sakti juga membangun jembatan bambu sepanjang 100 meter untuk wisatawan.

Kegiatan tersebut diapresiasi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan yang mengucapkan terima kasih kepada PT Matahari Sakti atas partisipasi turut memajukan Kabupaten Pasuruan.

Selanjutnya pada tahun 2020, PT Matahari Sakti bersama Lions Club Surabaya Shining menanam 10.000 mangrove di Desa Tanjung Wedoro, Kecamatan Mengare, Kabupaten Gresik.

Pemerintah Gresik mengapresiasi kegiatan tersebut karena bersama menjaga kelestarian alam. 

0 komentar:

Posting Komentar