Kamis, 28 Desember 2023

Isi Liburan ke Museum W.R. Soepratman Pencipta Lagu Indonesia Raya


Banyak museum di Surabaya yang penuh cerita sejarah tentunya serta wajib dikunjungi para pelajar atau masyarakat. Selama liburan paling tepat mengunjungi museum.

Museum Wage Rudolf Soepratman berada di Jl. Mangga No 21 Tambaksari Surabaya ini buka mulai jam 8 pagi dan tutup pukul 3 sore. Tiketnya 5k.

Bangunan museum ini awalnya adalah rumah milik kakak pertama W.R. Soepratman. W.R. Soepratman yang tinggal di rumah tersebut, pada tahun 1937, hingga meninggal dunia pada 17 Agustus 1938. 

Di dalam museum berisi koleksi barang-barang yang berkaitan dengan W.R Soepratman.

Seperti foto-foto W.R. Soepratman dengan keluarga dan teman dekat yang terpajang di ruang tamu dan juga ada lemari berisi replika biola milik Sang Maestro. 

Yang paling ikonik dari museum ini adalah Patung W.R Soepratman berpose memainkan biola yang ada di depan museum.

Wage Rudolf Soepratman lahir pada 19 Maret 1903 dan wafat 17 Agustus 1938 adalah guru, wartawan, violinis, dan komponis Hindia Belanda. 

Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia, "Indonesia Raya", serta merupakan anggota dari grup musik jazz Black and White Jazz Band. 

Tanggal lahir versi pertamanya, 9 Maret, ditetapkan sebagai hari musik nasional. Atas jasanya diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, sumber Wikipedia.

Keliling Surabaya sangatlah nyaman dan mudah, karena semua pelosok terjangkau dengan transportasi umum. Ada Bus Suroboyo, Teman Bus, angkutan Wira Wiri dan transportasi online. 

0 komentar:

Posting Komentar