Selasa, 10 Maret 2020

Memori Tak Terlupakan Bung Karno di Istana Gebang Blitar


Blitar identik dengan Bung Karno, di sanalah terdapat rumah beliau yang kini dikenal Rumah Bung Karno atau Istana Gebang. Tepatnya di Jalan Sultan Agung, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66137. Sekitar 2 km dari makamnya. Setiap 6 Juni diselenggarakan acara memperingati kelahiran Bung Karno.

Rumah Bung Karno dikelola Pemkot Blitar dan sebagai destinasi wisata edukasi gratis. Buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Istana Gebang merupakan istana masa kecil yang turut mengantar kesuksesan sang proklamator Presiden RI, Ir. Soekarno.

Jumlah pengunjung setiap harinya tercatat mencapai 200 hingga 300 orang, tapi pas libur bisa tembus 1.000 orang. Selama di dalam Istana Gebang, wisatawan dapat melihat berbagai macam barang koleksi peninggalan keluarga Ir. Soekano.

Baca Juga : Tur Pecinan Surabaya Kenali Sejarah Jajanan Khas Tionghoa & Pabrik Kecap Legendaris Cap Jeruk Pecel Tulen

Mulai dari perabotan furniture, ranjang tidur, kursi, bufet, mesin ketik, radio, telepon, foto-foto, dan mobil. Bangunan rumah berdesain arsitektur kuno tetap dipertahankan agar pengunjung merasakan nuansa masa lalu kehidupan keluarga Bung Karno, sekaligus berswa foto dengan latar keasliannya. 

Berada di Istana Gebang seolah dekat dengan keluarga Bung Karno dan tak akan melupakan memori yang pernah terjadi. Sejarah hidup Bung Karno pun tercatat dalam ingatan masyarakat Indonesia.

Masuk ke Istana Gebang tidak dipungut biaya, setiap pengunjung diminta petugas mengisi buku tamu lantas mengambil tas yang tersedia di sebelah pintu masuk rumah utama. Tas tersebut untuk membawa sepatu atau sandal pengunjung. Karena memasuki dalam rumah istana tidak diperkenankan beralas kaki. 

Jalurnya, dari pintu masuk menuju ruang tamu, lalu ruang tengah bersebelahan dengan tiga ruang tidur, kemudian tembus ke koridor belakang terdapat ruang makan, dapur, kamar mandi, sumur tua, berbelok ke halaman belakang bertemu sumur lagi, lalu ada musholla, garasi dan halaman samping rumah yang luas. Selanjutnya bisa keluar menuju tempat kuliner dan parkiran.

Petugas pemandu setia mendampingi dan menjelaskan berbagai hal sejarah yang ada di dalam istana gebang kepada para pengunjung. Ada keterangan di beberapa benda kenangan seperti ranjang tidur dan sebagainya.

Perlu diketahui hampir di semua tempat publik di Blitar akan melihat keberadaan patung Bung Karno posisi duduk berukuran besar. Tak hanya di Istana Gebang. Seperti di Stasiun Blitar maupun Kantor Bupati Blitar. Ayo dolan ke Blitar.





0 komentar:

Posting Komentar